sejarah dan manfaat kopi

Kopi memang tak asing lagi bagi semua orang, tapi tak banyak orang yang tau manfaat kopi itu? tak banyak orang yang tau tentang sejarah kopi? ya disini aku akan menulis tentang ketenaran kopi itu sendiri.
 kopi yang berasal dari bahasa arab قهوة‎ (qahwah) yang artinya kekuatan. karena pada saat meminum kopi, akan merasa lebih berenergi. dan kemudian kata qahwah ini berkembang menjadi kata kahveh yang berasal dari bahasa turki. setelah itu dikembangkan lagi menjadi koffe oleh bangsa belanda, dan kata inilah yang diserap oleh bangsa indonesia menjadi kata kopi.
kopi sendiri telah ditemukan pada 3000 tahun yang lalu, oleh bangsa ethiophia, yang dulunya di tanam di dataran tinggi ethiopia. setelah bangsa arab melakukan perdagangan. kopi sendiri telah meluas ke bangsa afrika utara. kemudian meluas ke bangsa asia dan eropa. sampai saat ini, kopi masih berkembang menjadi minuman berenergi dan paling populer di kalangan masyarakat. di indonesia sendiri setidaknya telah memproduksi 400 ton lebih per tahun untuk biji kopi itu sendiri.

kopi dapat menghilangkan kantuk. mengapa demikian? karena pada kopi terkandung kafein, sedangkan kafein sendiri dapat memacu jantung lebih cepat dan membuat sirkulasi darah meningkat. dengan begitu orang yang meminum kopi dapat menahan rasa kantuk pada diri anda. kafein termasuk zat adiktif. banyak peminum kopi yang merasa gemetar kalau tidak meminum kopi pada pagi hari. mengkonsumsi kopi berlebih akan mengakibatkan penyakit jantung. tetapi
kopi juga bermanfaat bagi tubuh :
1. kopi dapat mengankat kulit yang mati.
2. kopi dapat membantu mengencankan kulit wajah, bila dipakai menjadi masker.
3. kopi dapat mencegah kebotakan pada rambut.
4. kopi juga dapat mengatasi depresi.

0 komentar:

Post a Comment